Sudah Sampai Seberapa Jauh Sampah Plastik Di Bumi?

Bermacam-macam makhluk yang hidup di bumi kita tercinta ini. Bumi kita yang memiliki ukuran sekitar 510 kilometer persegi (1 kilometer persegi = 1000 meter) ini diperkirakan sudah berumur 4,5 milyar tahun, hanya sekitar 29% dari bumi ini adalah daratan, 71% sisanya adalah lautan.


Menurut data penelitian NOAA tahun 2018, lebih dari 80% samudra di bumi ini belum pernah dipetakan, diteliti, bahkan dijelajahi oleh manusia. Titik terdalam bumi ini berada pada Palung Mariana yang lokasinya diperkirakan berada pada kerak bumi.


Pada tahun 2014, para peneliti kelautan menemukan banyak pecahan sampah plastik di dasar laut, hingga akhirnya mereka memperkirakan sampai mana sampah plastik ini akan terus tenggelam. Ketika plastik mencapai titik laut terdalam, plastik tidak bisa akan kemana-mana lagi.

Para peneliti kelautan, melakukan penelitian pada beberapa palung yang ada di bumi ini, salah satunya adalah Palung Mariana (Mariana Trench). Mereka ingin memastikan bahwa tidak ada plastik didalam organ pencernaan makhluk yang berada disana.

(Amphipoda)

Tetapi yang mereka temukan adalah pecahan plastik berwarna-warni. 66% persen berserat biru, hitam, ungu, bahkan merah muda. Tidak ada bagian Palung yang bebas dari plastik, lebih dari 80% dari amphipoda (udang-udangan) disana terkandung plastik. Setelah diteliti, serat yang ada disana umumnya digunakan pada bahan-bahan pakaian. Menurut para peneliti, serat bahan tersebut masuk kedalam laut setelah pencucian dari mesin cuci.

Sampah plastik diperkirakan baru akan terurai setelah 100 tahun, makhluk-makhluk amphipoda ini berada pada rantai makanan makhluk laut lainnya, sehingga untuk 1 serat pecahan sampah plastik yang ada pada makhluk ini akan terus ada pada rantai makanan makhluk laut hingga 100 tahun lamanya.

Tidak ada bagian bumi yang bebas dari sampah plastik jika kita tidak merubah sistem hidup kita yang ada, mari mulai dari kesadaran kita sendiri. Kita kurangi penggunaan plastik dalam kehidupan kita sehari-hari.

Jika tidak di Bumi ini, dimana lagi kita akan tinggal?

Reference:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Database Kontak Telepon di Visual Basic 6.0 (Part 2)